'Abdullah ibnu Shodiq

Semangat Belajar Islam, Hidup dengan Ilmu dan 'Amal

DOA MASUK RUMAH DAN DOA KELUAR RUMAH

Bismillah

Alhamdulillah

Astaghfirullah.

Keluar rumah dan masuk ke dalamnya merupakan salah satu rutinitas harian manusia. Sebagai seorang muslim yang menyandarkan dirinya kepada agama Allah (Islam) yang dibawa oleh sebaik-baik makhluk di permukaan bumi yakni Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah selayaknya memperhatikan bagaimana agama kita ini mengajarkan hal tersebut.

Mari perhatikan sebuah hadits yang tertulis di dalam riwayat Muslim (III/1598) :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jika seseorang memasuki rumahnya, lalu menyebut Nama Allah Ta’ala (Bismillaah) ketika masuk dan ketika makannya, maka syaithan berkata : ‘Tidak ada tempat bermalam dan makan malam bagi kalian.’ Jika ia tidak menyebut Nama Allah ketika masuk, maka syaithan berkata : ‘Kalian menemukan tempat bermalam…”

Demikianlah, sebuah sunnah yang ringan. Kita diajarkan untuk menyebut nama Allah (Bismillaah) ketika masuk rumah dan ketika akan menyuap untuk makan dan kita akan dilindungi Allah dari syaithan. Jika kita tidak melakukannya, maka sama dengan kita mempersilahkan syaithan untuk ikut tidur di rumah kita dan ikut makan bersama kita dan jumlah mereka tidak cuma satu.

Kalaulah kita merenung, tentu kita tidakbersedia memasukkan seorang penjahat ke dalam rumah kita apalagi banyak orang jahat yang tentu kita tidak akan aman dari gangguannya. Maka bagaimana kita tidak cemas dengan masuknya syaithan ke dalam rumah kita, yang tentu mereka akan mengganggu kita, anak istri kita, bapak ibu kita, saudara saudari kita?

Sebagaimana akan terasa janggal ketika seorang bersedih akan rusaknya rumah dan tewasnya sanak keluarga sementara dia sengaja memasukkan seorang penjahat ke dalam rumahnya, pun sama anehnya ketika seorang tidak minta perlindungan dari syaithan sementara ketika terjadi kerasukan syaithan terhadap anggota keluarganya dia sedih dan bingung. Maka berdzikirlah wahai saudaraku, mulai dari hal yang ringan dan berkelanjutan, dan terus berusaha menambahnya.

Nah, di atas telah disebut mengenai doa masuk rumah. Mari kita hafal dan amalkan doa keluar rumah yang telah diajarkan oleh kecintaan kita, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beliau bersabda, “Barangsiapa ketika keluar dari rumahnya mengucapkan :

بِسْمِ الله, تَوَكَّلْتُ عَلَى الله, لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّتَ إلاَّبِا الله

(Bismillaahi, tawakkaltu ‘ala Alloh, Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah)

[Dengan menyebut Nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak akan ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah]

Maka dikatakan kepadanya, ‘Engkau talah dicukupi dan telah dijaga,’ dan syaithan pun menjauhinya.” (Hadits Shahih, lihat Shahiih Sunan at-Tirmidzi (III/151)

Sebaiknya doa tersebut digabungkan dengan doa dari sebuah hadits shahih yang tercantum di dalam Shahiih Sunan Abi Dawud (III/959) yakni :

اللهُمَّ إنِّي أعُوْذُ بِكَ أنْ أضِلَّ أوْ أُضَلَّ, أوْ أزِلَّ أوْ أزَلَّ, أوْ أظْلِمَ أوْ أظْلَمَ, أوْ أجْهَلَ أوْ تُجْهَلَ عَلَيَّ

(Alloohumma innii a’udzubika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw tujhala ‘alayya)

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, atau tergelincir atau digelincirkan, atau menganiaya atau dianiaya, atau berbuat bodoh atau dibodohi.”

Sungguh sempurna agama kita, dengan beribadah (berdzikir atau berdoa dalam hal ini) kita mendapatkan dobel, mendapat pahala dan mendapat perlindungan.

Mari menambah amal ibadah dengan memperbanyak do’a dan dzikir di setiap aktifitas kita. Karena kita diperintah untuk itu dan dianjurkan berlomba-lomba dalam kebajikan serta tidak meremehkan kebajikan sekalipun terlihat kecil.

Marilah sejak sekarang, melakukan amal dengan ilmu yang benar, sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wallahu ta’ala a’lam.

Abu Arini, Slamet Ariyanto ibnu Shodiq

* do’a-do’a diambil dari

  1. Adzkaarul Yaum wal Lailah, ‘Ala-uddin Yusuf al-‘Utaibi (Do’a dan Dzikir Sehari-hari Menurut Tuntunan as-Sunnah yang Shahih, Pustaka Ibnu Katsir)
  2. Kumpulan Do’a dari al Qur-aan dan as-Sunnah yang Shahih, Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Single Post Navigation

One thought on “DOA MASUK RUMAH DAN DOA KELUAR RUMAH

  1. salfian on said:

    mohon tulis doa dengan tulisan arab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: