'Abdullah ibnu Shodiq

Semangat Belajar Islam, Hidup dengan Ilmu dan 'Amal

kopi luwak, halal atau haram?

Subhanallah. Terus terang ana bingung. Tapi daripada bingung berkepanjangan, lebih baik ana ngetik aja. Meskipun secara pribadi belum pernah merasakan minum kopi luwak, namun karena dalam majelis taklim yang ana ikuti ada yang ingin mengetahui hukum tentang kopi luwak ini maka ana salinkan beberapa file dari internet yang berhubungan dengan hal ini.
Setelah menelusuri beberapa situs yang berhubungan dengan “kopi luwak” dalam bahasa Indonesia (“civet coffee” dalam bahasa Inggris) atau disebut “kafé laku” dalam istilah East Timor (Timor Timur) atau disebut “cá phê chôn” di Vietnam atau di Filipina disebut sebagai “kape alamid”, walau sebelumnya sudah tau bahwa kopi ini termasuk kopi mahal namun gak nyangka bahwa mahalnya itu mahal banget! Bahkan kopi luwak tercatat sebagai kopi termahal di dunia!

Antum tau nggak bahwa kopi luwak asal Indonesia dihargai 1 cangkir sekitar Rp. 450.000,- ($ 50 alias lima puluh dolar Amerika Serikat dengan kurs Rp. 9000,- per dollar)!!! Itu artinya duit buat beli secangkir kopi ini bisa buat beli beras kualitas terbaik sebanyak 2 karung (@25 kg) alias 50 kg. Subhanallah, mau bilang apa coba.

Gimana mau beli buat stok, seperti biasa kalo kita beli kopi atau gula buat persediaan dirumah?
Di bawah ini kami cantumkan daftar harga kopi luwak yang ditawarkan oleh salah satu situs yang menjual kopi luwak (

Single Post Navigation

One thought on “kopi luwak, halal atau haram?

  1. saya menjaul kopi luwak asli. silakan kunjungi http://www.civeto.com terima kasih gan.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: